Naikkan Perekonomian Bangsa, Berikut 5 Barang yang Diekspor Indonesia ke Amerika Serikat

Dalam rangkaian menaikkan perekonomian bangsa, pemerintahan melakukan berbagai cara seperti ekspor ke beberapa negara di belahan dunia. Salah satu negara yang kerap kali bekerjasama dengan Indonesia dalam bidang ekspor impor yakni Amerika Serikat. Lantas apa saja barang yang diekspor indonesia ke amerika serikat kini? Berikut ulasannya.

 


Komoditas Unggulan yang Diekspor ke Amerika Serikat
1. Produk Pakaian
Sebagaimana yang telah diketahui, jika pakaian merupakan kebutuhan pokok primer yang dibutuhkan oleh setiap manusia. Seiring berkembangnya zaman yang semakin modern ini, sehingga membuat kebutuhan manusia semakin meningkat pula. Tak ayal jika tidak sedikit orang selalu berganti pakaian demi menyeimbangkan penampilannya dengan beberapa orang disekitarnya.


Berkat sumber daya alam melimpah yang dimiliki, Indonesia mengekspor produk pakaiannya kepada beberapa negara termasuk Amerika Serikat. Industri yang erat kaitannya dengan produk pakaian yakni industri tekstil, yang mana kini tercatat memiliki nilai ekspor paling besar diantara yang lainnya. Apalagi masyarakat Amerika yang sangat konsumtif, sehingga membuat ekspor semakin meningkat.


2. Hasil Karet
Barang yang diekspor Indonesia ke Amerika Serikat selanjutnya yakni hasil karet. Perlu anda ketahui, bahwa karet menjadi sebuah komoditi yang paling sering digunakan di berbagai produk dan peralatan, mulai dari produk industri hingga rumah tangga. Indonesia menjadi salah satu negara yang tak hanya memproduksi karet, tetapi mengekspornya pula ke berbagai negara.


Dinobatkan sebagai negara produsen karet terbesar kedua di dunia, tak ayal bila jumlah suplai karet Indonesia menjadi sangat penting untuk pasar global. Hebatnya lagi, industri karet Indonesia telah mengalami pertumbuhan produksi yang stabil semenjak tahun 1980 an. Bila dihitung, terdapat sebanyak 586 ribu ton karet yang diekspor Indonesia ke AS dengan nilai US$ 729,2 miliar.


3. Alas Kaki
Layaknya pakaian, alas kaki pula menjadi salah satu kebutuhan pokok setiap manusia. Karena inilah, alas kaki menjadi salah satu barang yang diekspor Indonesia ke Amerika Serikat. Bahkan kabarnya, Indonesia masuk ke dalam empat besar produsen alas kaki dunia di bawah Tiongkok, India, dan Vietnam. Tak heran bila Indonesia berkontribusi hingga 4,6% terhadap total produksi sepatu dunia. 


Tak hanya itu, Indonesia pula menjadi eksportir keenam terbesar dunia untuk alas kaki dengan pangsa pasar mencapai angka 2,8 persen. Harga rata rata ekspor alas kaki asal Indonesia pula menempati urutan kelima dunia. Hal ini menunjukkan Indonesia memproduksi alas kaki dengan kualitas terbaik.  Bila dilihat dari negara tujuan, Amerika Serikat menjadi pasar utama alas kaki tanah air.


4. Produk Elektronik
Mengingat perkembangan teknologi yang semakin canggih ini, mendorong pemerintah Indonesia untuk melakukan ekspor di bidang elektronik. Naiknya nilai ekspor produk elektronik di Indonesia ke beberapa negara, didukung adanya sumber daya manusia industri yang semakin kompeten. Bahkan kementerian telah mencatat jika nilai ekspor produk elektronik telah mencapai US$ 7,8 miliar.


5. Furniture
Industri terakhir yang berperan penting dalam dunia ekspor di Indonesia yakni furniture atau mebel. Hal ini tidak lain karena bahan yang digunakan dalam setiap furniture merupakan bahan baku yang tahan lama. Bahkan tak sedikit pula furniture sebagai barang yang diekspor Indonesia ke Amerika Serikat ini diciptakan oleh seorang pengrajin yang sangat terampil nan kuat.


Memiliki sumber daya alam yang sangat melimpah, membuat Indonesia bisa mengekspor segala barang ke berbagai negara guna menaikkan perekonomian bangsa. Khususnya Amerika Serikat, dikenal sebagai negara yang sangat konsumtif tak heran bila negara Adidaya ini kerap kali melakukan impor dari berbagai bidang dan produk di Indonesia.

My Instagram