Badan Demam? Inilah Cara Pakai Termometer Yang Paling Tepat

Pada saat seseorang demam pastinya suhu tubuh orang tersebut akan meningkat. Untuk mengetahui suhu tubuh seseorang ketika demam, anda akan membutuhkan alat yang bisa untuk mengukur suhu tubuh yaitu dengan Termometer. Dengan alat ini anda dapat mengecek seberapa tinggi demam orang tersebut, apa termasuk demam yang ringan atau demam yang tinggi. Apabila termasuk demam tinggi segeralah konsultasi pada dokter, karena demam yang tinggi dapat berdampak bahaya bagi tubuh.
Suhu normal tubuh pada orang dewasa yaitu 36 derajat celcius.


Alat ini juga memiliki beberapa jenis dengan cara pemakaian yang berbeda. Sebelum menggunakan alat ini, ada baiknya jika anda mengetahui cara memakainya dengan benar. Mengapa? Supaya hasilnya dapat lebih akurat saat digunakan untuk mengukur suhu badan. Alat ini memiliki beberapa jenis salah satunya yaitu dengan menggunakan air raksa dan digital, cara pemakaiannya pun berbeda. Nah, inilah cara memakai termometer dengan benar yang harus anda ketahui.

Cara Memakai Termometer Yang Paling Tepat
1. Cara Memakai Termometer Digital
Termometer digital  ini akan memperlihatkan suhu tubuh anda dalam bentuk angka digital. Cara pemakainya yaitu nyalakan alat tersebut dengan menekan atau menggeser tombol on  off. Setelah itu masukkan alat tersebut dalam mulut atau bisa juga di ketiak. Lalu biarkan selama sekitar 2 sampai 5 menit sampai terdapat bunyi yang menandakan pengukuran suhu telah selesai. Nah, sekarang anda dapat membaca hasil pengukuran suhu tubuh anda pada alat tersebut.

2. Cara Memakai Termometer Empeng Digital
Termometer empeng digital ini memang sudah di buat khusus untuk bayi dan anak kecil. Cara pemakaiannya pun juga sangat mudah sekali karena bentuknya yang sama seperti dot bayi atau empeng. Pertama masukkan alat tersebut ke dalam mulut si bayi. Lalu tunggu 2 sampai 4 menit, setelah selesai anda bisa langsung melihat hasil pengukuran suhu bayi anda.

3. Cara Memakai Termometer Air Raksa
Termometer air raksa ini alat yang sudah umum dan banyak di gunakan sebagai alat untuk mengukur suhu tubuh. Alat ini memiliki bentuk seperti tabung gelas yang berisikan air raksa atau zat merkuri di dalamnya. Alat ini dapat diletakkan pada lidah ataupun ketiak. Cara memakainya yaitu sebelum menggunakan alat ini, ada baiknya bila ujungnya di bersihkan terlebih dahulu dengan menggunakan cairan alkohol. Setelah itu goyang beberapa kali ujung yang tidak berisikan air raksa pada alat tersebut, gunanya agar air raksa berada di suhu kurang dari 35 derajat celcius. Setelah itu, letakkan pada ketiak dalam keadaan terjepit dan pastikan ujungnya menempel pada kulit ketiak biarkan selama 3 sampai 5 menit. Setelah selesai bacalah angka di ujung air raksa yang menunjukkan suhu tubuh anda. Lalu anda bisa mengembalikan suhu alat tersebut dengan menggunakan air dingin.

4. Cara Memakai Termometer Kening
Termometer kening ini digunakan untuk mengukur suhu badan lewat sinar dari inframerah. Cara pemakaiannya cukup mudah yaitu anda cukup letakkan sensor inframerah pada alat ini ke arah kening. Setelah itu nantinya sinar inframerah ini dapat mengukur suhu tubuh yang keluar dari kepala. Apabila sudah selesai anda bisa melihat hasil pengukuran suhu tubuh melalui angka pada layar alat ini.

Nah, Itulah cara cara memakai termometer yang tepat dan benar, yang dapat anda ketahui. Sebaiknya anda memiliki alat pengukur suhu ini untuk berjaga - jaga jika terdapat anggota keluarga anda yang mengalami demam. Setelah anda melakukan pengukuran suhu tubuh dan terdapat suhu yang terlalu tinggi yang terdeteksi, segera periksakan ke dokter. Karena bisa saja suhu tubuh yang terlalu tinggi menjadi penyebab kematian jika tidak segera ditangani. Semoga artikel ini bermanfaat!

My Instagram